Ir. Muas M, M.T.

Profil Dosen
Program Studi S1 Terapan Teknik Manufaktur
Jurusan Teknik Mesin
Politeknik Negeri Ujung Pandang


Ir. Muas M, M.T.
Lahir di Ujung Pandang, pada tanggal 28 Pebruari 1967 dan bertempat tinggal di BTN Asal Mula D5/12  Makassar 90245. Memiliki jabatan fungsional sebagai Lektor Kepala. Adapun mata kuliah yang diampu yaitu:
1.      Matematika Terapan 1
2.      Gambar Teknik II
3.      Teknologi CAD-CAM
4.      Manajemen Produksi
5.      Praktek Produksi & PNC
Nomor HP. 08124251869 dan Alamat E-mailnya muas_mochtar@gmail.com .

Lanjut studi S1 pada tahun 1986 di Univrsitas Hasanuddin Jurusan Teknik Mesin, selesai pada tahun 1992. Dan melanjutkan pendidikan pasca sarjana (S2) di Universitas Hasanuddin Jurusan Teknik Kontsruksi Mesin pada tahun 2004-2006 dengan judul Skripsi/Thesis/Disertasi yaitu Upaya Peningkatan Daya Saing Produk melalui  Pengembangan Metode  Desain Eksperimental untuk Memprakirakan  Kekasaran Permukaan   pada  Operasi  Frais  CNC.

Tahun 2011 Beliau membuat  penelitian yang berjudul Kaji Eksperimental Pemanfaatan Sinyal Getaran Untuk Mendeteksi Kekasaran. Adapun judul penelitian yang dibuat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat 5 tahun terakhir salah satunya adalah IbM Kelompok Pembuat Kerupuk pada tahun 2011.

Pada tahun 2012 Beliau menulis Artikel ilmiah berjudul Study of Experimental on Using of the Vibration Signal to Detect teh Surface Roughness of Machining Results with Using of Parametric Equation" dalam jurnal Jurnal Teknik Mesin "Teknologi" UNM. Beliau juga pernah menjadi pemakalah dalam seminar nasional “Seminar Nasional “Hasil Penelitian” 2011” dengan judul artikel ilmiah yaitu Kaji Eksperimental Pemanfaatan Sinyal Getaran Untuk Mendeteksi Kekasaran Permukaan (Surface Roughness)  Hasil Permesinan Dengan Menggunakan Model Persamaan Parametrik  pada tanggal Desember 2011, diJakarta.

Salah satu Buku yang pernah ditulis adalah Ekonomi Teknik pada tahun 2012 yang di terbitkan Politeknik Negeri Ujung Pandang. Beberapa penghargaan yang pernah diraih adalah Satpalancana Karya Satpa 10 Tahun oleh Presiden Repoblik Indonesia pada tahun 2008.