Kompetensi Lulusan

  • Pendidikan Politeknik Program Diploma IV Teknik Manufaktur merupakan pendidikan vokasi yang menghasilkan lulusan Ahli Sains Terapan untuk mengisi kekosongan kerja pada bidang Teknik Mesin khususnya bidang manufaktur yang mencakup beberapa basis bidang ilmu dan keahlian keteknikan yang dipadukan pada suatu kurikulum dan silabus yang sesuai.
  • Program Studi Diploma IV Teknik Manufaktur Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang ini diarahkan pada hasil lulusan yang menguasai kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang kompleks di bidang Teknik Manufaktur dan kemampuan menerapkan manajerial tingkat dasar (keterampilan merencanakan, melaksanakan kegiatan, memecahkan masalah dengan tanggung jawab mandiri pada tingkat tertentu). Karenanya Program Diploma IV ini berbeda program diploma III yang berfokus pada penguasaan kemampuan dalam bidang kerja yang bersifat teknis. Program ini juga berbeda dengan program Sarjana (S1) yang berfokus pada penguasaan dasar-dasar ilmiah dan keterampilan pada bidang keahlian tertentu. Berdasarkan itu, dapat disimpulkan bahwa tidak akan terjadi tumpangtindih antara lulusan Program Diploma IV dan Program Sarjana (S1). Lulusan Program Studi Diploma IV Teknik Manufaktur Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dunia industri akan tenaga siap kerja yang memiliki keterampilan manajerial dasar dengan kompetensi teknis finggi (advanced) yang mampu melakukan pekerjaan yang kompleks di bidang manufaktur .
  • Strategi pencapaian kompetensi Program Diploma IV Teknik Manufaktur ini dibagi dalam 3 (tiga) tahap. Tahap I, Pendidikan Dasar dan Lanjutan, dilaksanakan dari semester I s/d VI yang menitikberatkan pada pencapaian kemampuan teknis (technical skill). Tahap II, Praktik Industri dilaksanakan pada semester VII yang menitikberatkan pada penerapan kemampuan teknis di Industri. Tahap III, Tugas Akhir, dilaksanakan pada semester VIII yang menitikberatkan pada pencapaian kemampuan manajerial dasar dan penerapan kemampuan teknis pada pembuatan Tugas Akhir.
  • Program Diploma IV Teknik Manufaktur mempunyai perbedaan yang cukup mendasar dengan program S1 Jurusan Teknik Mesin : 
  • Program Diploma IV Teknik Manufaktur bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional siap kerja di bidang Teknologi Manufaktur
  • Program Sarjana (S1) Jurusan Teknik Mesin bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki dasar-dasar ilmiah yang cukup di bidang teknik mesin.