Struktur Kurikulum

Program Pendidikan Diploma IV pada Program Studi Teknik Manufaktur dapat ditempuh selama 8 (delapan) semester dan disusun berdasarkan tahapan pelaksanaan yang terdiri atas Pendidikan Dasar, Pendidikan Lanjut, dan Manajerial Tingkat Dasar (6 semester), Praktik Industri (semester 7), dan Tugas Akhir (semester 8). Dengan demikian program pendidikan dapat ditempuh dalam waktu paling cepat 8 (delapan) semester. 

Program pendidikan dasar dan lanjutan selama 6 semester dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa dapat memiliki kompetensi minimum untuk dapat mengikuti tahap pendidikan selanjutnya. Pada tingakatan ini, mahasiswa diharapkan telah memiliki kesiapan lebih baik dan kesiapan mental untuk masuk ke dunia kerja dalam bentuk Praktik Kerja Industri. 

Pada semester 7 dilaksanakan Praktik Industri selama 1 semester penuh dengan melibatkan beberapa industri nasional dan multinasional di wilayah Indonesia bagian Timur dan pulau Jawa serta perusahaan atau industri di luar negeri (kerjasama internasional). Program Praktik Industri dirancang untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dengan kemampuan dasarnya untuk berpartisipasi, berkontribusi dan memberikan nilai tambah positif pada industri. Hal ini berbeda dengan praktik kerja lapangan (PKL) yang umum dikenal saat ini, dimana mahasiswa cenderung hanya mencari data untuk penyusunan skripsi. Mahasiswa yang melaksanakan Praktik Industri ditekankan untuk lebih memperluas wawasan industri manufaktur dan kemampuan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh pada semester sebelumnya di bangku kuliah. 

Sebagai akhir masa pendidikan mahasiswa akan melaksanakan Tugas Akhir pada semester 8. Dengan berbekal materi yang didapat dari bangku kuliah, ditambah dengan pengalaman industri selama satu semester, mahasiswa diwajibkan untuk membuat sebuah karya tugas akhir berupa skripsi yang diharapkan dapat membuktikan kompetensinya sebagai seorang sarjana sains terapan.